Sabtu, 05 Februari 2011

BERITA SISWA SMKN 5 RAKIT LCD,DIBAGIKAN SECARA GRATIS



Siswa program IT SMKN 5 Malang berhasil merakit 383 LCD Projector. LCD ini bahkan sudah dibagikan kepada SMK di enam kota dan kabupaten secara gratis. Rencananya para siswa akan merakit sebanyak 6000 unit LCD yang diberi nama FOCUS ESEMKA.

Kepala SMKN 5 Malang, H Rodjikin mengungkapkan, mulai dari perakitan sampai dengan flushing-nya dikerjakan oleh siswa program IT, terutama siswa program Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Sebelumnya, siswa program IT juga sudah sukses merakit laptop. Bahkan saat ini laptop sudah dipasarkan dan dinikmati oleh banyak kalangan. Mulai dari kalangan pendidikan sampai dengan masyarakat umum.

Menurut Humas SMKN 5, Budi Purwanto pembagian LCD gratis kepada sekolah ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang berbasis IT di lingkungan SMK. “Program ini merupakan program direktorat pembinaan SMK, dengan harapan pembelajaran SMK bisa lebih meningkat mutunya,” ungkapnya.

Pembagian LCD gratis ini diharapkan juga bisa menjadi ajang untuk uji coba LCD hasil rakitan siswa. Sebab ke depan, SMKN 5 Malang diharapkan siap untuk memproduksinya secara komersial. Harga LCD rakitan siswa ini lebih murah dibandingkan pasaran. LCD ini rencananya dipasarkan dengan harga Rp 3,5 juta.

LCD "Fokus ESEMKA" ini kualitasnya cukup bagus, dengan data tahan 4000 jam. LCD juga memiliki kekuatan resolusi hingga 2800 lumen. Hebatnya lagi proses flushing yaitu mengisi software sekaligus merek ke dalam softwarenya dilakukan sendiri oleh siswa. Sedikitnya ada 23-35 anak yang terlibat dalam proses ini. Sementara untuk proses merakit dilakukan sekitar 10 siswa.

Budi Purwanto mengungkapkan, para siswa yang merakit ini sebelumnya ditraining oleh guru yang sudah dilatih oleh PT Fokus Toolsindo Jakarta. (suw-bip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar