Jumat, 21 Januari 2011

LESANPURO DAN KESATRIAN MULAI AKTIFKAN KADER LINGKUNGAN


21 / 01 / 2011

Program Pembentukan Kader Lingkungan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang mulai aktif digiatkan di berbagai kelurahan di Kota Malang. Kelurahan Lesanpuro, Kamis (20/1) menggelar acara Pembentukan dan Sosialisasi Kader Lingkungan bertempat Balai RW 7 Kelurahan Lesanpuro.

Acara yang diikuti sekitar 40 peserta dari 11 RW itu mendatangkan narasumber Drs. Agus Gunarto, M.Si, Kepala UPTD Pengolahan Limbah dan Sampah DKP Kota Malang. Lurah Lesanpuro Drs. Heri Sunarko menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakannya kali ini merupakan yang pertama di Kecamatan Kedungkandang.

Kegiatan yang dibiayai oleh dana hibah ini memfokuskan materi pada pengolahan sampah organik untuk dijadikan pupuk.

Sementara itu, pada hari yang sama Kelurahan Kesatrian juga mengadakan kegiatan yang sama. Lurah Kesatrian, Dra. Yuke Siswanti, M.Si menjelaskan bahwa sosialisasi dan pelatihan ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat serta terpeliharanya semangat masyarakat untuk terus menerus mengelola lingkungan yang bersih dan sehat melalui wadah kader lingkungan.

Di Kelurahan Kesatrian, lahan-lahan kosong yang tersedia sudah dibuatkan untuk pengolahan sampah organik. Bahkan beberapa warga merelakan halaman rumahnya ditempati rak-rak yang berisi polybag berisi tanaman produktif serta tanaman hijau.



"Untuk sementara, saat ini masyarakat sudah melakukan budidaya sayuran dan bunga, nantinya akan dikembangkan pada jenis tanaman lainnya. Hasilnya saat ini juga masih dinikmati warga sendiri, diharapkan nanti dapat diperdagangkan di luar Kesatrian," jelas Yuke. (bip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar